Minggu, 30 September 2012

Dibalik Lagu 'God Will Make A Way' oleh Don Moen


Dibalik Lagu 'God Will Make A Way' oleh Don Moen

Banyak orang Kristen yang senang menyenandungkan lagu ini bahkan terhanyut menyanyikan lagu ini di tengah-tengah Praise and Worship. Mereka menyanyi dengan penuh iman dan keyakinan yang tinggi, bahwa apapun masalah mereka, pasti : God Wil Make A Way...tapi banyak dari antara kita yang tidak mengetahui, lagu ini muncul di balik duka. Ada kisah tragis yang sempat dialami oleh keluarga dari sang pencipta lagu itu sendiri yaitu Doen Moen ...

Tengah malam, Don Moen menerima telepon yang berisi kabar yang mengejutkan: Saudara iparnya telah kehilangan putra sulungnya dalam sebuah kecelakaan mobil. Craig dan Susan Phelps dan empat putra mereka sedang dalam perjalanan dari Texas menuju ke Colorado ketika van mereka ditabrak oleh truk beroda delapan belas.

Keempat anak laki-laki mereka terlempar keluar dari van.
Craig dan Susan langsung mencari anak-anak mereka sembari berteriak. Mereka menemukan satu anak laki-laki mereka sedang terbaring di selokan, satunya di tempat yang basah karena ada salju mencair di situ. Di dekatnya ada saudaranya yang mendarat dekat tiang telepon. Semuanya luka berat, tetapi ketika Craig, menemukan putranya Jeremy, ia menemukan dia berbaring di tiang pagar dengan leher yang patah.

Walaupun Craig segaia seorang dokter, tidak ada yang bisa dia lakukan untuk mengembalikan kembali nyawa anaknya.

Ketika Don menerima berita tragedi ini beberapa jam kemudian, ia terguncang, tapi ia berkata,”Saya harus naik pesawat pagi berikutnya dan terbang ke sesi rekaman yang telah dijadwalkan selama beberapa minggu. Walaupun saya tahu Craig dan Susan sedang berduka, aku tidak bisa bersama mereka sampai hari sebelum pemakaman."

Selama penerbangan pagi hari setelah kecelakaan itu, Tuhan memberiku sebuah inspirasi lagu untuk mereka:
"God will make a way where there seems to be no way. He works in ways we cannot see. He will make a way for me. (Dia buka jalan saat tiada jalan, dengan cara yang ajaib Dia buka jalanku)" lagu ini didasarkan pada Yesaya 43:19,

"Lihat, Aku hendak membuat membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya?" Ya, aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai- sungai di padang belantara…

Menurut Doen Moen, lagu ini akan membawa penghiburan bagi Craig dan Susan ketika harapan itu seakan-akan hilang. Lagu itu akan menyentuh duka hati mereka dengan pengharapan dan dorongan. Don menerima surat dari Susan di mana ia mengutip Yesaya 43:4

NASB: : Since you are precious in My sight, since you are honored and I love you, I will give other men in your place and other peoples in exchange for your life. "Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu..."

Susan menulis, "Kami telah melihat kebenaran dari ayat ini. Ketika teman-teman Jeremy mengetahui bahwa ia telah menerima Yesus dalam hidupnya sebelum ia meninggal, banyak dari mereka mulai bertanya kepada orang tua mereka sendiri bagaimana mereka bisa yakin masuk ke surga saat mereka meninggal nanti".

Kecelakaan itu juga mendorong Craig dan Susan berjalan lebih dalam dengan Tuhan serta membuka jalan baru pelayanan. Craig mulai mengajar Sekolah Minggu di gereja mereka dan Susan menjadi aktif dalam Women's Aglow, berbagi cerita dengan berbagai kelompok dalam masa-masa kesedihan.

Dia berkata, "Pada hari kecelakaan, ketika aku keluar dari van, bahkan sebelum saya tahu anak kami sudah mati, aku tahu aku punya pilihan. Aku bisa menjadi pahit dan marah atau aku benar-benar bisa menerima Allah dan apa pun yang Dia punya untuk kita. Saya harus membuat keputusan cepat. Saya telah melihat buah dari pilihan itu.

Adalah hal yang terindah mengetahui orang lain akan masuk surga karena apa yang telah terjadi pada Jeremy. Allah benar-benar membuat jalan bagi kita! "

Lagu ini sendiri dirilis tahun 2003, lirik lagu ini selengkapnya:

God Will Make A Way
Where There Seems To Be No Way

He Works In Ways We Cannot See
He Will Make A Way For Me
He Will Be My Guide
Hold Me Closely To His Side

With Love And Strength
For Each New Day
He Will Make A Way
He Will Make A Way

By A Roadway In The Wilderness
He’ll Lead Me
And Rivers In The Desert Will I See

Heaven And Earth Will Fade
But His Love Will Still Remain
And He Will Do Something New Today

Dia Buka Jalan
Saat Tiada Jalan
Dengan Cara Yang Ajaib
Dia Buka Jalan Bagiku

Dia Menuntun Ku
Dan Memeluk Diriku
Dengan Kasih Dan Kuasa-Nya
Dia Buka Jalan
Dia Buka Jalan

Di Belantara Dia Tetap Menuntun Ku Sungai Di Gurun Aku Temui

Langit Bumi 'Kan Lenyap
Tapi Firman-NYA Tetap
Saat Ini Dia buka jalan
(Kembali ke bait pertama)

Blessing,
~HSH~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar