Senin, 20 Mei 2013

Natashia Nikita - Menyanyi Untuk Tuhan

Di tengah pesatnya perkembangan industri musik yang bertema percintaan, ia tetap setia melantunkan lagu rohani bertema kidung dan pujian untuk Tuhan walau pun telah ditawarkan untuk ikut berkolaborasi di industri musik umum tersebut.

Sudah belasan album lagu rohani yang ia hasilkan semenjak masuk dapur rekaman di usia delapan tahun. Bak anak tangga, tahun demi tahun, setiap album yang dihasilkannya menggambarkan perjalanannya melayani bersama Tuhan.

Pada tahun 1996, saat masih
berusia delapan tahun, Natashia Nikita yang akrab disapa Nikita atau Niq mengeluarkan album perdananya berjudul “Di Doa Ibuku Namaku Disebut”. Album ini berisi 11 lagu penyembahan plus lagu medley-nya (sepanjang minggu kemarin, HSH memosting lagu-lagu dari album ini secara berurut). Dara manis bemata sayu ini berduet dengan Herlin Pirena yang juga penyanyi lagu-lagu rohani. Meski umurnya masih tergolong belia, setiap lagu-lagu yang dibawakannya cepat akrab di telinga pendengar dari berbagai kalangan baik anak-anak, muda, dan tua.

Setelah sukses dengan album perdananya tersebut, masih di tahun yang sama, Nikita bersama dengan Herlin Pirena  kembali berduet mengeluarkan album natal pertama “Natal Pilihan”, sekaligus menjadi album kedua Nikita. Mereka membawakan lagu-lagu natal tersebut setelah mengantongi izin dari Yamuger, Sinode AM GKI dan Herry Priyonggo.

Setahun kemudian, putri pasangan Otniel Nikola dan Lily Tanjaya kelahiran Jakarta, 22 Mei 1988 ini kembali mengeluarkan albumnya yang ketiga “Ada Ampun Bapa Bagimu” yang dirilis pada tahun 1997. Kemudian “Kasih Dari Surga” merupakan albumnya yang keempat yang dirilis pada tahun 1999. Menyusul kemudian album kelima “Bapa Engkau Sungguh Baik” yang dirilis pada tahun 2001.

Worship Series adalah album rohani keenam yang dirilis pada tahun 2002. Selain album-album ini, Nikita juga banyak berpartisipasi dalam beberapa album rohani kompilasi seperti Private Collection, Best Worship.

Kub'rikan Syukurku adalah album rohani ketujuh Nikita yang dirilis pada 23 Februari 2003 saat dia berusia 15 tahun. Salah satu lagu yang dinyanyikan Nikita dalam album ini “Seperti Yang Kau Ingini”, menjadi salah satu soundtrack sinetron Buku Harian Nayla yang membuat lagu tersebut semakin populer kala itu.

Tiga tahun kemudian, With You adalah album rohani kedelapan Nikita dan dirilis pada tahun 2006. Jika sebelumnya Nikita cenderung menyanyikan lagu dengan aliran musik yang lambat, Album With You memberi tantangan tersendiri bagi Nikita. Nikita berani mencoba berirama tempo cepat seperti R&B dan pop dance yang juga digandrungi pencinta lagu-lagu rohani dan sukses. Salah satunya adalah kolaborasinya dengan penyanyi Michael Jakarimilena dalam lagu “Ajarku Mengenal-Mu”.

Nikita kembali ke aliran musik lambat yang menghiasi albumnya yang kesembilan “Pelangi Sehabis Hujan” yang dirilis 2007. Penggarapan lagu ini turut melibatkan beberapa musisi rohani Kristen terkenal seperti Jonathan Prawira, Welyar Kauntu, Julita Manik. Sementara album kesepuluh “The Journey” merupakan kompilasi dari lagu-lagu hits yang telah dinyanyikan Nikita di album-albumnya yang terdahulu.

Tidak sampai di situ, Nikita yang memilih tetap bertahan di jalur lagu rohani terus menggugah telinga pecinta musik rohani dengan lagu terbarunya. Ia kembali mengeluarkan albumnya yang ke-11 yang dirilis pada 12 Maret 2010 masih di bawah naungan Maranatha Records yang membesarkannya selama ini. Kali ini bertajuk Love, Eternal merupakan album solo rohani yang didedikasikannya untuk Tuhan karena talenta yang diberikan kepadanya.

Dilihat dari jenis musik yang dibawakan Nikita, rata-rata jenis aliran musiknya bertempo lambat. Dengan suara merdu nan bening, Nikita yang memiliki hobi membaca dan menonton film ini menjadikan setiap lagu yang dibawakannya begitu syahdu untuk didengar dan terasa menyatu dengan jiwa. Seperti lagu berjudul “Pelangi Sehabis Hujan” yang dirilis tahun 2007, begitu lekat bagi setiap hati yang penat dan mampu menggugah hati setiap yang mendengarkannya.

Demikian bunyi liriknya: “Jalan hidupku tak selalu tanpa kabut yang pekat, namun Kasih-Mu nyata padaku pada waktu-Mu yang tepat.

Mungkin langit pun tak terlihat tertutup awan tebal namun hatiku kan tetap kuat oleh janji-Mu yang kekal.

(Reff)
Seperti pelangi sehabis hujan, Itulah janji setia-Mu Tuhan, Di balik dukaku telah menanti, Harta yang tak ternilai dan abadi.”

“Saya seorang yang keras hati, tetapi apabila mendengar lagu ini, hati saya tersentuh dan menyadari bahwa Tuhan itu adalah segala-galanya. Pada saat kita dalam kesedihan atau kesusahan, Dia senantiasa bersama kita. Terima kasih NIKITA karena membawa lagu ini yang telah menyentuh hati saya. Tuhan memberkatimu.

Marilah kita berdoa agar Tuhan senantiasa melindungi anak-anak-Nya dan bumi ini yang diciptakan-Nya,” demikian ditulis salah satu komentar penggunjung You Tube meninggalkan kesannya setelah mendengarkan lagu yang dibawakan Nikita.

Tidak sedikit para penikmat lagu-lagu rohani merasa bersyukur atas lagu-lagu rohani yang ditembangkan Nikita. Bahkan ada yang menyebutkan, setiap lagu-lagu yang dibawakan Nikita mampu membuat hati yang mendengarkannya menjadi luluh hingga meneteskan air mata. Lagu Nikita yang sempat menjadi soundtrack sinetron lagi adalah "Janji-Mu S'perti Fajar" dengan judul yang sama pada tahun 2007 dan "Hati Sebagai Hamba" dengan judul sinetron "Selamat Jalan Natasya".

Namun lepas dari idol kita terhadapnya, Tuhan Yesus (idola kita yang sebenarnya) melalui Nikita telah mengetuk hati kita untuk terus mau bersekutu dengan-Nya.

Dan tidak lupa kami mengucapkan "Selamat Ulang Tahun" untuk Natasha Nikita yang ke-25!!!

Semoga damai sejahtera Allah yang melampaui segala akal dan pikiran menyertai kehidupannya selalu!!!

Happy cakeday. Longlife, sense of humor and wish you all the best, Niq ....

Tuhan Yesus Memberkati.

2 komentar:

  1. Idola saya banget ini..!!! Nikita oh nikita..!!!

    BalasHapus
  2. Semua lagu nikita adalah lagu yang penuh dengan berkat dan janji TUHAN yang kekal asalkan kita setia mengikut YESUS sampai akhir hidup kita, terima kasih nikita atas lagu-lagumu yang menguatkan aku di dalam hidup ini serta yang selalu membuatku untuk mengucap syukur dalam keadaan apapun walaupun harapan tidak sesuai dengan kenyataan tapi hal itulah yang membuatku semakin setia dan semakin mencintai YESUS KRISTUS sebagai JuruSelamatku pribadiku yang hidup.
    God bless you, nikita. Kamu adalah anak TUHAN yang sejati.

    BalasHapus