Jumat, 06 Desember 2013

Yesus, Anak Daud

Tahukah sahabat, bahwa Yusuf dan Maria alias orangtua lahiriah Kristus adalah sama-sama anak Daud ???

Bedanya Yusuf adalah keturunan Daud dari garis Salomo sedangkan Maria adalah keturunan Daud dari garis Natan. Hal ini bisa kita lihat dalam Injil Matius 1, di mana rasul Matius menuliskan silsilah Yesus dari garis ayahnya sedangkan rasul Lukas dalam Injil Lukas 3 justru menulis silsilah Yesus dari garis ibunya. Bedanya lagi rasul Matius memulai silsilahnya dari garis Abraham, sebab Injil yang satu ini sebenarnya ditujukan kepada orang Yahudi di mana kita tahu bahwa Abraham adalah bapa bagi orang Yahudi, dan bisa kita lihat dari penulisannya yang banyak mengungkap nubuat-nubuat Perjanjian Lama yang sinkron dengan diri Kristus tidak lain agar orang Yahudi mau mempercayai-Nya sedangkan versi Lukas yang notabene mencatat silsilah ibu memulainya dari Adam dan diurut dari bawah ke atas.

Namun, dikalangan orang Muslim, mereka beranggapan bahwa kedua silsilah itu dimiliki oleh Yusuf. Sama sekali tidak benar! Sebab dimulai dari garis anak Daud, kedua silsilah ini tidak sama lagi. Di Injil Lukas memang disebutkan nama Yusuf, anak Eli, alasannya sudah pasti karena semua nama di silsilah tersebut menggunakan nama laki-laki.

Lagi pula dalam Kitab Talmud, ada dikatakan bahwa Maria adalah anak Eli dan sesuai Injil Matius bahwa Yusuf adalah anak Yakub. Selain itu bisa kita lihat dari sudut pembicaraan kedua Injil ini, di mana Matius fokus berbicara tentang Yusuf sebaliknya Lukas fokus berbicara soal Maria.

Ngomong-ngomong soal silsilah, sebenarnya Alkitab sudah lebih dulu menyiratkan bahwa Kristus akan datang dari keturunan Isai, bapak dari raja Daud,

* Yesaya 11:1,
Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.

Mengenai keturunannya ini, hal-hal yang mustahil akan terjadi. Di mana tidak ada lagi raja dan tidak ada lagi budak, hal ini diibaratkan dengan "serigala yang tinggal bersama domba", kesetaraan yang disamakan diibaratkan "anak lembu dan anak singa makan rumput bersama" bahkan dikatakan lagi akan ada kasih diantara sesama manusia diibaratkan "seorang bayi yang bermain-main di dekat ular tedung".

Pada saat itulah, semua orang akan memuliakan dan mencari wajah-Nya.

Dan satu hal yang perlu diketahui, bahwa Allah telah menetapkan bahwa keturunan Abraham hanyalah yang berasal dari Ishak. (Keluaran 21:12).

Haleluya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar