Kamis, 05 Desember 2013

Yesaya 7:14 VS Lukas 1:23

Alkitab bukan hanya sekedar buku yang berbicara pada tempatnya melainkan salah satu keunggulan yang dimilikinya adalah karena bisa bernubuat (meramalkan).

Termasuk mengenai kelahiran Juruselamat kita yang semena-mena tidak tanpa pemberitaan lebih dulu, di dalam Alkitab, terutamanya kitab Yesaya, Allah melalui nabi-Nya menyingkapkan suatu yang terkesan unik, dimana seorang anak dara akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki,

* Yesaya 7:14,
Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

Bandingkan:

* Lukas 1:31,
Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

Etimologi nama Yesus sendiri yang  dalam bahasa Ibrani:

ישוע המשיח  YESHUA HAMASHIAKH

Berarti adalah "Tuhan Menyelamatkan" sedangkan kata Hamasiakh berarti "Yang terpilih" atau "Yang diurapi" sedangkan untuk nama Imanuel sudah sangat jelas "Allah menyertai Kita" (Matius 1:23).

Kedua ayat di atas sangat sinkron dan memang berbicara soal "Yesus Kristus" walau sebenarnya ada yang agak mengganjal, yakni dalam Perjanjian Lama nama anak itu disebut "Imanuel", namun tahukah kita bahwa bunyi suatu nubuat tidak pernah mengungkapkan isinya secara hurufiah atau gamblang, contohnya saja dalam Kitab Wahyu oleh rasul Yohanes yang banyak memuat nubuat, dari cara memberitakannya dengan menggunakan istilah-istilah tertentu misal kata "binatang" yang tidak lain ditujukan kepada antikristus atau raja kegelapan itu.

Demikian juga dalam pewartaan ini sebenarnya nama "Imanuel" adalah sebuah gelar, sebagaimana gelar (sebutan) untuk Yesus yang secara bertubi-tubi diberi dibawah ini:

* Yesaya 9:5,
Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah Yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), "nama" disinkronkan juga dengan sebutan, gelar, kedudukan dll.

Hal yang menarik diketahui, bahwa nubuat oleh nabi Yesaya ini adalah 7 abad sebelum kelahiran Kristus dan hasilnya . . . nubuat ini absah, sebab 2000 tahun yang lalu Ia telah dilahirkan ke bumi melalui anak dara (perawan) sebagaimana isi nubuat itu.

Haleluyah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar